Dari Sopir Travel, Pemuda Banjardowo Jadi Pengusaha Muda Gegara Corona

DItangan mantan sopir travel, pipa paralon menjadi barang ekonomis bernilai tinggi. Foto : Jajang
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Sepintas tak ada yang beda dari rumah Soni Candra Kurniawan yang berada di Dusun Banjarkerep, Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Namun ketika dilihat lebih dekat, kilauan lampu hias menghiasi sejumlah sudut rumah pemuda 27 tahun ini.

Lampu hias berbahan pipa pvc, menjadi penghias kehidupannya kini. Pemuda yang semula menjadi sopi travel, harus rela menganggur kala pandemi menghampiri. Pendapatan utama pun sirna. Tuntutan kebutuhan perut yang kian meronta, memaksa otaknya bekerja keras.

Baca Juga

Tak ingin terpuruk dari kekalahan melawan wabah corona, ia pun mulai menghabiskan waktu senggangnya dengan melihat berbagai peluang bisnis melalui internet. Ketika berselancar di dunia maya inilah, terbersit pikiran untuk memanfaatkan limbah pipa paralon menjadi lampu hias.

Ia pun belajar secara otodidak di sejumlah konten Youtube dan Facebook. “Saya mulai membuat kerajinan lampu hias. Awalnya dari bahan bekas. Karena ingin kualitas bagus jadi pipanya saya beli baru,” kata Soni siang itu kepada tim KabarJombang.com.

Tak hanya puas dengan hanya satu model lampu hias. Ia pun mengembangkan kemampuannya menyulap aneka ragam pipa paralon menjadi lampu hias. Bahkan Soni mulai merambah lampu hias berbahan kayu dan stick ice cream. Untuk pemasaran, ia mengandalkan sejumlah market place dan penjualan langsung.

“Saat ini saya cukup bersyukur, produksi saya sudah dilirik pembeli. Awalnya hanya sebatas kenalan saja, tapi kini mulai ramai untuk pasar umum,” tambah dia, selasa (21/7/2020). Untuk harga sendiri, cukup bersahabat dengan kantong.

Lampu hias berukuran dengan motif bunga, Soni hanya menjual dengan harga Rp 120 ribu. Sementara ukuran yang lebih kecil dan motif yang simple, dijual dengan harga Rp 70-80 ribu. Untuk menarik pembeli, lampu hias ini ditambah beberapa lampu yang berwarna warni

“Kita bikin dua jenis lampu, yakni untuk taman atau dalam ruangan, untuk model lampu di kamar tidur dengan cahaya yang redup tanpa menyilaukan,” ungkap dia memungkasi pembicaraan. Diakhir kunjungan, ia pun menunjukkan beragam lampu dengan model yang berbeda pula kepada kami. Sudah bosan dengan model lampu hias lama, anda bisa mencoba lampu hias produksi Soni.

INSTAGRAM

Berita Terkait