by

Cerita Yoga, Bocah SD yang Rawat Neneknya dengan Belas Kasihan Tetangga

KABARJOMBANG.COM – Cerita mengharukan kembali dialami Helmi Fayoga, bocah 10 tahun yang kini duduk di kelas dua sekolah dasar (SD), dan tinggal di Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (10/4/2018).

Untuk tetap bisa bertahan hidup, Yoga yang kini tinggal bersama Samunti (80) sang nenek, harus berharap dari belas kasihan tetangga tempat tinggalnya. Kondisi memprihatinkan, tampak terlihat dari kondisi rumah yang terlihat berantakan tanpa adanya bantuan dari sang orang tua.

Selain harus merawat sang nenek yang dilanda sakit menua dan batuk menahun. Yoga, harus berjuang untuk tetap bisa menjaga sang nenek tetap sehat, sebagai teman hidupnya sejak ditinggal sang ayah bernama Abdullah meninggal, dan ibunya Ria Candrawati yang pergi tanpa kabar.

“Saya yang merawat nenek saat sedang sakit. Karena kita cuma tinggal berdua saja,” ujar Yoga dengan raut wajah polosnya, ketika ditemui di rumahnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Yoga hanya berharap dari belas kasihan tetangga dan saudaranya yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Sebab, sejak ditinggal kedua orang tuanya di usianya yang masih duduk di Taman Kanak-Kanak (TK), ia harus menjadi tumpuan sang nenek yang sudah tak berdaya menahan tubuhnya.

Sementara, untuk kebutuhan sekolahnya, Yoga mengaku mendapatkan bantuan dari sejumlah masyarakat dan panti untuk membiayai keperluan belajar. Karena, untuk biaya sekolah sudah digratiskan oleh pihak sekolah.

“Untuk makan, kadang dikasih tetangga dan saudara yang masih ada. Sekolah saya juga sudah gratis. Hanya untuk biayanya yang masih banyak dibantu tetangga,” jelasnya.

Menurut Sulimah (40), tetangga dekat Yoga, kondisi memprihatinkan Yoga, dialaminya sejak masih berusia hitungan tahun. Sebab, sejak ditinggal ayahnya meninggal, ibu Yoga justru meninggalkannya tanpa alasan yang jelas.

“Tidak ada yang tahu kemana sang ibu pergi. Informasi terakhir katanya, ibunya bekerja di luar Jawa. Namun, hingga kini, belum pernah datang kembali untuk menjenguk anak kandungnya tersebut. Sehingga kita sebagai tetangga sering membantu untuk mencukupi kekurangan Yoga untuk hidup,” teranngnya. (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya