Cegah Corona Lebih Meluas, Santri Ponpes Darul Ulum Diizinkan Pulang Sementara

Suasana PPDU Rejoso, Peterongan, Jombang yang mulai sepi karena santri pulang ke rumah masing-masing.
  • Whatsapp

PETERONGAN, KabarJombang.com – Wabah virus corona yang makin meluas, tampaknya juga diantisipasi Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, dengan mengizinkan santrinya pulang dan belajar di rumah masing-masing.

Sejak Selasa (24/3/2020) pagi hingga sore, tampak wali santri silih berganti menjemput putra dan putri mereka di Ponpes tersebut. Salah seorang sekuriti pesantren, Amir menyebut, santri memang diizinkan pulang untuk kembali bersama keluarga sementara.

Baca Juga

“Ada yang pulang ada yang tetap di asrama. Biar berkumpul sementara dengan keluarga. Sedangkan santri yang tidak pulang, tetap di asrama. Namun, tetap harus mengikuti aturan,” ucapnya, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya, PPDU telah mengeluarkan Maklumat, supaya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bisa dialihkan ke asrama maupun rumah masing-masing.

Dalam Maklumat tersebut, santri diperbolehkan pulang mulai hari ini sampai tanggal 10 April 2020 mendatang. Sementara bagi santri yang tetap di asrama diimbau untuk mengisolasi diri, serta tidak keluar asrama, kecuali ada hal penting dan mendapat izin.

Salah satu Pengasuh Pesantren DU, H M Zulfikar As’ad menyebut, santri yang pulang ke rumah asalkan daerah tempat tinggalnya tidak berada dalam zona merah.

“Iya sekolah dialihkan KBM melalui asrama atau rumah masing-masing. Santri kita edukasi, boleh pulang kalau area rumahnya tidak termasuk zona merah. Atau di asrama, dengan catatan tidak boleh keluar asrama ataupun dijenguk,” jelas pria yang disapa Gus Ufik ini beberapa waktu lalu.

INSTAGRAM

Berita Terkait