BLT-DD Dirancang Awal Mei 2020 Dibagikan, BLT Pemkab Jombang Belum Jelas

Kepala Dinas Sosial Pemkab Jombang, M. Saleh (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Bantuan langsung tunai (BLT) yang diambil dari Dana Desa (DD), bakal disalurkan ke warga Jombang terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pada awal bulan Mei 2020.

Hal ini, disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jombang, Moch Saleh. Hanya saja, pihaknya belum memastikan hari H bantuan yang sudah ditunggu-tunggu warga ini, diberikan. Menyusul, pihaknya mengaku, perlu kehati-hatian agar tidak terjadi dobel atau ganda penerima. Disamping itu, masih menunggu perkembangan sejumlah desa yang masih terkendala pencairan DD.

Baca Juga

“Bantuan akan dicairkan bagi warga terdampak Covid-19 kemungkinan awal bulan Mei 2020. Semoga tidak ada kendala lagi, karena kita harus berhati-hati agar tidak terjadi dobel,” kata Moch Saleh, Jumat (1/5/2020).

Pihaknya juga mengatakan, berdasarkan data yang masuk pada pemerintah, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jombang, sudah sekitar 100 ribu lebih warga Kota Santri yang bakal menerima BLT-DD ini.

“Info yang kami terima dari DPMPD, sekitar 100 ribu lebih. Kita juga masih nunggu perkembangan DD yang masih ada kendala dari beberapa desa di Jombang,” jelasnya.

Teknis pembagian BLT-DD, kata Moch Saleh, akan diantar langsung ke rumah masing-masing penerima manfaat. Pihaknya mengatakan, semua ASN (aparatur sipil negara) akan diterjunkan turut membagikan bantuan tersebut.

Sementara soal bantuan bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah) Jombang tahun 2020 sebesar Rp 78,6 Miliar, hasil refocusing sejumlah pos anggaran, Moch Saleh tidak banyak berkomentar saat ditanya besaran bantuan yang akan diberikan ke warga. Alasannya, hal itu bukan wewenangnya.

“Untuk bantuan yang dari Pemkab, soal nominalnya pencairannya, bisa konfirmasi ke Sekda Jombang selaku ketua tim anggaran,” tutupnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait