Beri Mahasiswa DVD Lagu Karyanya, Cara Lain AKP Moch Mukid Perang Lawan Narkoba

Kasatresnarkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid saat memberikan copy DVD lagu ciptaannya kepada mahasiswa/i Unwaha Jombang.
  • Whatsapp

KABARJOMBANG.COM – Banyak cara atau upaya bisa dilakukan sebagai bentuk kampanye pencegahan peredaran narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) di negeri tercinta ini. Salah satunya, melalui musik. Ini seperti yang dilakukan AKP Moch Mukid, Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba Polres Jombang.

Hebatnya lagi, tembang berjudul digubah dan diciptakan sendiri, di tengah-tengah kesibukannya menjadi Kasatresnarkoba Polres Jombang. Melalui tembang berjudul “Bertaubat” yang sudah diperbanyak melalui kepingan DVD (Digital Video Disc) itulah, Kasat Moch Mukid secara intens melakukan kampanye tentang pencegahan peredaran, sekaligus bahaya narkoba.

Baca Juga

Menurutnya, kampanye pencegahan sekaligus bahaya narkoba melalui sebuah karya berupa lagu, cukup efektif dan bisa diterima semua lapisan masyarakat. Termasuk kalangan muda-mudi, yang rentan bahkan menjadi target peredaran narkoba.

Baru-baru ini, tepatnya Selasa (6/8/2019) sekitar pukul 10.30 WIB, Kasat Moch Mukid secara langsung memberikan copy-an DVD berisi lagu hasil karyanya kepada mahasiswa/i Universitas KH A Wahab Hasbullah (Unwaha), Tambakberas, Jombang. Saat itu, sejumlah mahasiswa/i tersebut memang sedang berkunjung ke kantor Satresnarkoba yang berada di lingkup Polres Jombang.

“Pemberian kepingan DVD berisi lagu Bertaubat kepada mahasiswa/i Unwaha ini, merupakan salah satu cara kami berkampanye pencegahan sekaligus bahaya narkoba di negeri ini. Utamanya di Kabupaten Jombang,” kata Kasat.

Sebagai agent of chage atau agen perubahan, pihaknya berharap, mahasiswa mampu menjadi garda depan dalam berpartisipasi mensosialisasikan pencegahan narkoba. Mengingat, peredaran narkoba di Kota Santri, terbilang cukup mengkhawatirkan. Diketahui, selama kurun waktu 6 bulan, mulai Januari hingga Juli 2019, Polres Jombang berhasil mengungkap 189 kasus narkotika dan okerbaya, dengan 230 tersangka.

“Setidaknya, lagu Bertaubat tersebut bisa diputar di kampus pada acara tertentu. Atau, diputar secara individu, dan dihayati liriknya serta video klipnya,” ujar AKP Moch Mukid.

Dalam lirik maupun video klip lagu tersebut, lanjut Kasat, terdapat pesan bagaimana dampak mengerikan dialami seseorang yang mengenal narkoba. Setelah kepahitan hidup dialaminya karena narkoba, dia kemudian bertaubat.

Tak hanya berupa copy kepingan DVD, Kasat Moch Mukid juga sudah mengunggah lagu ciptaannya itu, melalui media sosial (Medsos) dan Youtube. Tentunya, tembang Bertaubat yang sudah viral ini, bisa dinikmati secara langsung dan mudah oleh masyarakat melalui internet.

“Sekali lagi, kami akan terus berkampanye untuk perang melawan narkoba. Salah satunya, melalui musik. Di sini, kami juga berpesan, narkoba akan mengantarkan Anda ke tiga tempat, yaitu, rumah sakit, penjara dan kuburan,” tegasnya. (nas/kj)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.