by

Belasan Peserta Upacara Hari Kesaktian Pancasila Pingsan, Alasannya Begini

KABARJOMBANG.COM – Belasan peserta upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan 1 Oktober 2018, di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendadak pingsan, Senin (01/10/18).

Diduga, pingsannya para peserta upacara, akibat belum sarapan, dan cuaca panas yang terjadi di lapangan.

Pantuan di lokasi, satu persatu peserta yang banyak didominasi siswa sekolah berjatuhan dan dievakuasi petugas medis. Bahkan, salah satu siswa yang tak kuat, langsung terjatuh dalam barisan.

Hasca Nirmala (15) salah satu peserta mengatakan, dirinya dan teman-temannya sudah lama berdiri di tengah lapangan. Cuaca yang mulai panas, membuat dirinya tak kuat lagi berdiri hingga jatuh pingsan.

“Perut terasa sakit. Kepala pusing dan mata serasa ada bintik-bintiknya. Jadi, tadi langsung jatuh,” terangnya, saat siuman dari pingsan.

Agus Sucipto, salah satu petugas medis mengatakan, terdapat 15 peserta upacara yang pingsan akibat beberapa penyebab. Salah satunya, karena cuaca dan banyak peserta yang belum makan pagi alias sarapan.

“Nah, untuk memberikan pertolongan terhadap mereka, hanya kita lakukan pemijatan kecil dan memberikan mereka minyak kayu putih, agar cepat siuman dari pingsannya,” katanya. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya