Bansos Covid-19 Kemensos Diperpanjang 3 Bulan

Kepala Dinas Sosial Jombang, M Saleh. (Foto: Muji Lestari).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Selain Bansos Dana Desa (DD), Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Kementerian Sosial juga dipastikan diperpanjang hingga bulan Desember mendatang.

Di Kabupaten Jombang, jumlah penerima bantuan tersebut bertambah sebanyak 12 ribu Kepala Keluarga (KK) dari jumlah awal yang tercatat sebanyak 51 ribu KPM (keluarga penerima manfaat).

Baca Juga

Sama halnya dengan Dana Desa, ditahap kedua tersebut, setiap KPM bakal menerima suntikan dana stimulus sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Kepala Dinas Sosial Kabuten Jombang, M Saleh mengatakan, di tahap kedua ini, penyaluran bansos Kemensos akan dimulai pada Bulan Agustus hingga Oktober mendatang. Hanya saja, sejauh ini, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis maupun mekanisme pencairan dari Pemerintah pusat.

“Memang ada perpanjangan sampai Desember atau tiga bulan lagi, dari data awal 51 ribu KPM, di tahap kedua ini kami dapat kuota 61.468 keluarga, di tahap satu dimulai di awal bulan Mei (Mei, Juni, Juli) otomatis tahap kedua dimulai bulan Agustus,” ujar Saleh, Rabu (15/7/2020).

Saleh mengungkapkan, sebenarnya jumlah usulan baru yang masuk tercatat sebanyak 15 ribu keluarga. Namun demikian setelah dilakukam verifikasi 3 ribu diantaranya dinyatakan tidak layak atau ivalid dengan banyak faktor. Salah satu yang terbanyak karena dobel bantuan.

“Salah satu hal mendasar adalah Desa, RT, RW, dusun segera lalukan update data DTKS itu saja intinya,” tandasnya.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait