Bakso Iga Plemahan Sumobito, Pertama di Jawa Timur

Bakso Iga di Desa Plemahan, Sumobito. (Foto: Diana).
  • Whatsapp

SUMOBITO, KabarJombang.com- Bakso Iga di Mojoagung yang sempat viral Februari lalu. Mampu bertahan meskipun omzet menurun akibat covid-19.

Selain itu, mulai muncul pesaing yang banyak ikut berjualan bakso iga. Tak menyurutkan eksistensi bakso penjualnya.

Baca Juga

Penjual bakso iga, Untung Mulyo (45) warga Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, mengatakan, dia  adalah penjual bakso iga pertama di Jawa Timur.

“Kalau pada awal dulu tidak hanya di Jombang tapi bahkan di Jawa Timur,  kayaknya saya yang pertama kali jualan bakso iga ini. ” tutur Untung yang sejak 2004 berjualan bakso iga pada KabarJombang.com Sabtu (19/9/2020).

Munculnya ide awal Untung memulai berjualan bakso iga karena terinspirasi dari bakso rusuk yang awal muncul di Kota Makassar.

“Dulu pertama tahu model bakso begini ya dari salah satu penjual bakso rusuk namanya dulu di Makassar. Lalu saya coba-coba bikin. Namun saya pakai bakso iga dan alhamdulillah antusias masyarakat untuk membeli sangat tinggi sampai viral waktu itu,”jelasnya.

Diakuinya omset yang didapatkannya semakin menurun semenjak Covid-19 pada saat kasus positif mulai banyak.

“Omset per hari waktu viralnya dulu sekitar Rp 6 juta. Tapi saya lihat orang mulai mengurangi jajan omset saya turun sampai hanya Rp 2 juta per hari. Alhamdulillah sekarang mulai naik lagi,” ungkap Untung yang mengatakan akan membuka cabang barunya.

Selain karena Covid-19, omsetnya menurun karena mulai banyak yang berjualan  bakso iga menyerupai miliknya.

“Selain covid kan sekarang mulai banyak yang juga berjualan bakso iga gini. Waktu itu orang dari Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya pernah makan disini dibilangnya disana belum ada, “ujarnya.

Untuk satu porsi bakso iga dihargai Rp 22 ribu, dengan satu bakso iga sekepal tangan orang dewasa, tahu matang, tahu putih,mie kuning, seledri,dan kuah bakso pada umumnya.

Selain berjualan bakso iga, Untung juga berjualan jenis bakso biasa dan juga bakso lobster. Hanya saja untuk bakso lobster diakuinya tergantung dari musimnya. Setiap hari berjualan dia area bypass Mojoagung setiap pukul 10.00 WIB sampai pukul 19.30 WIB.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait