Aksi Demo Peduli, Mahasiswa Robek Replika Bendera Myanmar

Ratusan massa, menggelar aksi unjukrasa di Taman Asean yang berada di Ringin Contong, Jombang, Rabu (6/9/2017). (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Ratusan massa dari gabungan organisasi mahasiswa di Kabupaten Jombang, menggelar aksi unjukrasa di Taman Asean yang berada di Ringin Contong Jombang, Rabu (6/9/2017).

Dalam aksi tersebut, mereka juga merobek replika bendera Negara Myanmar, sebagai bentuk kekecewaan atas penindasan yang dilakukan militer pemerintahan Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Tak cukup disitu, dengan melakukan longmarch, mereka berunjuk rasa di depan gedung DPRD Jombang untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka menuntut beberapa point agar Pemerintah Indonesia segera bersikap adanya konflik Rohingya di Myanmar,

“Ada beberapa tuntutan yang kami sampaikan. Salah satunya, pemerintah Indonesia harus mengusir Kedubes Myanmar dari negara ini,” ujar Syadan, salah satu koordinator aksi saat ditemui di lokasi.

Lama berorasi di depan gedung wakil rakyat, ratusan mahasiswa akhirnya ditemui para wakil rakyat di Kota Santri. Dalam pertemuan itu, mereka menyampaikan aspirasi tuntutan agar bisa disampaikan DPRD Jombang, kepada DPR RI.

“Kita meminta para wakil rakyat bisa menyampaikan aspirasi kami kepada pemerintahan pusat. Sebab, adanya penindasan terhadap etnis rohinya merupakan pelanggaran ham berat dan juga merupakan, kekerasan luar biasa terhadap kebebasan warganya,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jombang, Subaidi Muktar, yang menemui para peserta aksi, berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah pusat. “Kita sangat mendukung aksi ini. Secepatnya akan kami sampaikan,” teriaknya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY