Advertorial

May Day, PJ Bupati Dorong Pengusaha Perhatikan Hak Pekerja

JOMBANG, KabarJombang.com – Peringatan Hari Buruh Internasioal atau May Day yang dihelat Pemkab Jombang, berlangsung meriah, Rabu (1/5/2024).

Ribuan buruh ini turut memeriahkan Hari Buruh Internasional atau May Day dengan mengikuti Fun Walk May Day dan Gerakan Pangan Murah yang digelar di Alun-Alun Jombang.

Pantauan di lokasi, sejak pagi, ribuan pekerja sudah memadati Alun alun Jombang. Mereka turut serta memperingati Hari Buruh Sedunia dengan fun walk yang diberangkatkan Pj Bupati Jombang Sugiat.

Registrasi peserta Fun Walk May Day dibuka mulai pukul 05.00 WIB. Sekitar 4 ribu peserta, terdiri dari SPSI, tenaga kerja, dan buruh, antusias mengikuti Fun Walk yang dimulai dari depan Pendopo Kabupaten Jombang.

Rute yang dilalui yaitu Jl. Bupati RAA Soeradiningrat, Jl. KH Wakhid Hasyim, Jl. Juanda, Jl Kusuma Bangsa, Simpang 4 SMA Negeri 2 Jombang, Jl. Bupati R Soedirman, Jl. Gubernur Suryo, Jl. KH Ahmad Dahlan, dan finish di Alun Alun Kabupaten Jombang.

Acara dibuka dengan atraksi dari Grup Barongsai Lii Ong Xhi dan dilanjutkan dengan sambutan pemberangkatan oleh Pj Bupati Jombang Sugiat.

Turut serta Sekdakab Jombang Agus Purnomo, jajaran Forkopimda, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Nikmatusholihah, serta pejabat di lingkup Pemkab Jombang.

Sugiat menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang berkontribusi dalam acara ini.

Dia juga menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh.

“Terima kasih, karena telah mengisi Peringatan Hari Buruh Internasional  dengan kegiatan positif, kegiatan yang dapat mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian,” ujar Sugiat.

“Oleh karena itu, jalan sehat ini diharapkan dapat membuat kita bugar  dan berdampak baik pada kinerja. Dengan meningkatnya kinerja buruh, produktivitas perusahaan dipastikan akan ikut meningkat. Jika produktivitas naik, maka industri pun tak segan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh,” tukasnya.

Menurutnya, Pemkab Jombang memang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja dan berupaya menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan.

Dengan iklim yang baik, Pj Bupati Jombang berharap dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja.

“Kami juga mendorong agar pengusaha selalu memperhatikan hak-hak pekerja, seperti upah yang layak, jam kerja yang wajar, jaminan kesehatan serta keselamatan kerja,” ujar dia.

Sementara itu, Plt Kepala Disnaker Jombang Nikmatusholihah mengatakan, dalam peringatan hari buruh juga diberikan penghargaan pada tiga perusahaan.

Meliputi perusahaan di Jogoroto yang mempekerjakan kaum disabilitas sesuai ketentuan dan perusahaan lain di Jogoroto karena zero konflik.

Serta salah satu perusahaan di Mojowarno karena memiliki pekerja lokal terbanyak.

Dalam fun walk ini digelar berbagai kegiatan. Di antaranya, penyerahan santunan, bazar sembako murah, dan disediakan 241 hadiah menarik. Bahkan, disiapkan pula hadiah utama satu unit sepeda motor Yamaha Mio.

”Semoga teman-teman buruh ke depan semakin kompeten, terampil dan kondusif. Sehingga investasi di Jombang semakin tumbuh. Ketika Jombang kondusif, maka ramah investasi,” tutur dia.

Dalam peringatan hari buruh ini pihaknya juga menyiapkan makan gratis, sebanyak 5.700 nasi pecel dan lodeh kikil.

“Sekaligus upaya kami untuk mengangkat UMKM di Jombang,” pungkas Nikmatusholihah. (Met)

Leave a Comment
Share
Published by
Slamet Wiyoto