by

Ada Durian Merica Hingga Durian Jahe di Festival Durian Wonosalam

KABARJOMBANG.COM – Ada yang unik dalam event Festival Durian Wonosalam yang digelar di Lapangan Kecamatan Wonosalam, Jombang Jawa Timur, Sabtu (10/2/2018). Tak hanya buah durian yang lazim kita dengar yang ada disana. Namun, banyak durian dengan nama unik.

Puluhan peserta, menyajikan durian andalan beserta nama unik durian yang diperoleh dari rasa buah lokal durian. Seperti buah durian dengan nama Durian Merica. Menurut pemiliknya, durian merica memiliki rasa yang pahit dan sedikit rasa pedas. Sehingga ia menamakan duriannya dengan Durian Merica.

Berbeda dengan durian yang memiliki nama Durian Jahe. Menurut Sumiarsih, pemiliknya, durian dengan nama Durian Jahe memiliki rasa yang legit dan kental yang mirip rasa jahe.

“Nama-nama yang kita berikan memang tidak jahuh dari rasa durian itu sendiri. Seperti Durian Merica, Durian Jahe hingga durian nama Elang,” terang Sumiarsih, salah satu peserta festival durian.

Dalam festival tahunan ini, ada puluhan petani durian yang menjadi peserta festival. Menurut Wartomo, Ketua Panitia Festival mengaku sengaja membuat event untuk bisa memperkenalkan durian lokal Wonosalam yang kini semakin digandrungi warga.

“Ini bagian dari adanya kegiatan Kenduri Durian yang menjadi agenda tahunan di Kecamatan Wonosalam. Festival ini, kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi warga Wonosalam yang mayoritas menjadi petani durian,” terangnya. (aan/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya