Festival Patrol Nusantara, 28 Grup Unjuk Kebolehan

Penari salah satu grup patrol tampak berlenggak-lenggok menyajikan tarian yang diiringi musik patrol, dalam Festival Patrol Nusantara, di Jombang, (Sabtu (24/12/2016). (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Sebanyak 28 grup musik patrol dari beberapa Kecamatan dan Desa di Jombang, unjuk kebolehan dalam Festival Musik Patrol Nusantara, yang dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrowi, Sabtu (24/12/2016) sekitar pukul 13.30 WIB.

Ditandai dengan pemukulan gong, Menpora Imam Nahrowi yang didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli melepas ke-28 peserta yang start di depan Pendopo Kabupaten Jombang.

Begitu dilepas Menpora, alat musik dari bambu atau disebut kentongan mulai dimainkan secara bersama. Ditambah lagi, alat musik modern seperti piano, drum, dan alat musik lainnya, menjadikan perpaduan antara musik tradisional dan modern yang enak didengar dan menyemangati. Musik yang dimainkan, ada lagu daerah, ada juga yang digubah dangdut serta campursari.

Tak hanya itu, di bagian depan grup, sekitar sepuluh hingga lima belas penari yang berbaris sejajar mulai berlenggak-lenggok menyajikan tari-tarian khas Jawa, yang diirigi musik patrol. Lengkap dengan kostum busana daerah, dan juga hasil karya sendiri.

“Kostum yang kreatif, akan menambah poin penilaian dalam festival patrol ini,” kata salah satu panitia.

Ribuan warga Jombang yang sebelumnya memadati pinggir jalan dengan duduk santai, sontak berdiri dan merangsek maju. Mereka ingin menyaksikan lebih dekat aksi masing-masing grup patrol. Tak ayal, tim pengamanan dibuat sibuk dan kewalahan dengan kondisi itu. Diantara mereka, ada yang berselfie, hingga merekam dengan smartphone yang dibawanya.

“Kita kesini ingin menyaksikan musik patrol. Biasanya, seni tradisional ini hanya ada di bulan Ramadhan, atau dilombakan saat Agustusan. Dengan paduan musik modern, seni musik patrol enak didengar,” kata salah seorang penonton di lokasi. (aan/rief)

LEAVE A REPLY