2017, Desa di Jombang Bakal Terima Dana Miliaran

Kantor DPMPD Kabupaten Jombang.
  • Whatsapp

KABARJOMBANG.COM – Bisa dipastikan, tahun 2017 desa-desa yang ada di Kabupaten Jombang bakal menerima gelontoran dana dari Pemerintahan Pusat sebesar Rp 1 Miliar. Jika dirinci, dana tersebut dibagi melalui program Dana Desa (DD) sebesar Rp 750 juta, dan program Alokasi Dana Desa (ADD) mencapai Rp 300 juta.

Meski begitu, setiap desa bakal menerima dana tersebut dengan jumlah yang berbeda. Pasalnya, jumlah nominal Dana Desa yang dikucurkan, diberikan berdasarkan tingkat perekonomian dan juga jumlah penduduk desa.

Baca Juga

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Jombang, Darmadji, pada Selasa (21/2/2016). Menurutnya, tahun ini desa yang menerima anggaran Dana Desa tertinggi ialah Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto, yaitu sebesar Rp 953.453.588. Sementara penerima terendah yakni Desa Kauman Kecamatan Mojoagung, yang hanya Rp 756.187.911. “Ini dibedakan dari beberapa faktor yang saya sebutkan tersebut,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, bahwa pencairan Dana Desa akan dilakukan secara dua tahap. “Ini seperti tahun sebelumnya,” lanjut Darmadji.

Darmadji memperkirakan, pada bulan Maret 2017, sebanyak 302 desa di Kota Santri akan menerima DD tahap satu. Sementara tahap dua, akan diterima pada bulan Agustus. Namun untuk penerima, ADD tertinggi ada pada Desa Bareng Kecamatan Bareng, totalnya mencapai Rp 475.134.315.

“Dan yang terendah ada pada Desa Sumberjo Kecamatan Jombang hanya sebesar Rp 325.427.808. Jika ditotal, dalam kedua anggaran DD dan juga ADD bisa mencapai Rp 1 Miliar,” terangnya.

Sementara itu, hingga saat ini proses pencairan dana tersebut masih terkendala dengan belum rampungnya Peraturan Bupati (Perbup) terkait pencairan dana tersebut. Hal ini seperti dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jombang Eka Suprasetya. Pihaknya mengaku, masih menunggu proses Peraturan Bupati pencairan dua dana tersebut.

Namun demikian, pihaknya menyakinkan bahwa dana tersebut memang sudah disiapkan. “Saat ini hanya menunggu Perbup saja. Jika sudah siap, maka tinggal dijalankan saja,” pungkasnya. (aan)

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait